VIDEO – PPUU Matangkan Inventarisasi Materi RUU Sistem Pengelolaan SDA

DPD RI – Panitia Perancang Undang-Undang (PPUU) DPD RI melaksanakan Rapat Dengar Pendapat Umum bersama para pakar dalam rangka inventarisasi materi RUU tentang Sistem Pengelolaan Sumber Daya Alam, Rabu (14/6/2023).

Rapat dipimpin oleh Ketua PPUU DPD RI, Dr. H. Dedi iskandar Batubara, S.Sos., S.H., M.SP, didampingi oleh Wakil Ketua  PPUU, Aji Mirni Mawarni, S.T., MM, dengan agenda membahas sistem pengelolaan sumber daya alam sekaligus mendorong peluang partisipasi masyarakat dalam kebijakan publik.

Rapat tersebut mengundang Prof. Dr. Irfan Ridwan Maksum, M.Si dan  Prof. Dr. Haula Rosdiana, M.Si. sebagai narasumber.

 

 

Sistem pengelolaan sumber daya alam adalah rangkaian kegiatan yang meliputi inventarisasi, perencanaan, pelaksanaan, pengendalian hingga penggunaan khusus pemerintah dalam sektor terkait.

Diharapkan pelaksanaan sistem pengeloaan sumber daya alam ini menjadi suatu monitoring implementasi dalam rangka meraih tujuan pemanfaatan yang baik.

Melalui kegiatan pemantauan dan peninjauan UU, PPUU DPD RI melakukan klasterisasi pengelolaan sumber daya alam yang menjadi fokus untuk diintegrasikan dalam rumusan RUU Sistem Pengelolaan SDA. (*)