Senator Aji Mawar: Songsong Pemindahan IKN, Peningkatan Kualitas SDM Harus Jadi Prioritas

SAMARINDA – Provinsi Kalimantan Timur sedang berproses menjadi Ibu Kota Negara (IKN) baru. Momentum ini seharusnya menjadi periode penting dalam mempercepat peningkatan mutu dan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) Kaltim.

Hal tersebut menjadi catatan penting yang disampaikan Senator asal Kaltim, Aji Mirni Mawarni, dalam kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang dilaksanakan di RT 28 Kelurahan Dadi Mulya, Kota Samarinda.

Kegiatan sosialisasi 4 pilar kali ini dihadiri hampir seluruh warga RT 28, termasuk ibu-ibu dasawisma yang begitu antusias dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Aji Mawar menekankan bahwa menjelang pemindahan IKN, upaya percepatan peningkatan kualitas SDM Kaltim harus diprioritaskan.

Ia mengingatkan kepada para warga, terutama ibu-ibu untuk terus meningkatkan kualitas diri dengan banyak membaca. Juga menonton berita-berita yang bermanfaat, serta bersosialisasi dan mengikuti pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan kualitas diri.

“Ibu rumah tangga pun harus paham politik” sebut Aji Mawar.

Aji Mawar mengatakan, dengan adanya rencana pemindahan IKN, akan ada berjuta-juta masyarakat yang bermigrasi ke Kaltim.

 

 

“Jangan sampai kita hanya menjadi penonton di daerah kita sendiri” tuturnya.

Apa yang disampaikan oleh Aji Mawar ini berdasarkan pantauannya di lapangan selama ia mengemban tugas sebagai anggota MPR/DPD RI sejak tahun 2019.

Masih ada daerah-daerah di Kaltim yang belum mendapatkan fasilitas pendidikan yang layak.

Selain itu masih banyak permasalahan-permasalahan di Kaltim seperti kesulitan akses air bersih, listrik, bahkan masalah tumpang tindih lahan.

Senator Aji Mawar berharap deretan permasalahan tersebut bisa diselasaikan, agar masyarakat Kaltim tidak terpinggirkan ketika IKN benar-benar dipindahkan nantinya. (*)