Senator Aji Mawar: Perlu Sinergi Pusat-Daerah Dalam Pengembangan Sektor Pertanian

DPD RI – Sebagai lembaga negara, DPD RI mengemban tugas untuk mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Anggota DPD RI Dapil Kalimantan Timur, Aji Mirni Mawarni, S.T,M.M, turut mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan pada masyarakat.

 

 

Kelompok masyarakat yang terlibat dalam forum diskusi yang diadakan di Kantor DPD RI Provinsi Kalimantan Timur, Samarinda, Jum’at (24/12/2021), adalah Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) wilayah Kaltim-Kaltara.

Selain membahas tentang sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, kegiatan tersebut juga sekaligus silaturahmi antara DPD sebagai wakil rakyat dengan masyarakat secara langsung.

 

 

Sebagai anggota dari Komite II DPD yang berfokus pada bidang pertanian dan perkebunan, Aji Mawar turut menyampaikan pendapatnya mengenai pertanian di Kalimantan.

“Ya, nggak bisa dipungkiri yang namanya tambang, hutan, itu menghasilkan ekonomi yang cukup tinggi. Tetapi kita juga terus berpikir ini lahan pertanian terus diganti fungsi lahannya, terus kita mau makan apa?” ujar Aji Mawar pada Jumat (24/12/2021).

Menurut Aji Mawar, meskipun lahan di Kalimantan tidak sesubur di Jawa atau Sulawesi hal tersebut bukanlah halangan untuk mengembangkan pertanian.

 

“Pemerintah daerah tetap berupaya untuk menjaga eksistensi pertanian di Kalimantan. Tetapi, kalau tidak ada sinergi dengan pemerintah pusat, akan ada terus ada lahan tambang,” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, Aji Mawar juga membahas mengenai UU Cipta Kerja dan pentingnya pengembangan SDM di daerah yang kaya akan SDA di Kalimantan Timur. (*)