Senator Aji Mawar: Pegawai Berkualitas, Modal Penting PDAM Meningkatkan Pelayanan Publik

SANGATTA – Anggota DPD RI, Aji Mirni Mawarni, menilai sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas merupakan modal penting bagi organisasi publik untuk terus meningkatkan pelayanan.

Termasuk di lingkungan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) – kini disebut Perumdam, selaku BUMD yang melayani produksi dan distribusi air bersih untuk masyarakat luas.

Hal tersebut disampaikan Mawar, sapaan akrabnya, saat menggelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan RI di PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur. Mawar menekankan urgensi membentuk karakter dan meningkatkan kualitas pegawai.

 

 

Sebelum menjadi senator, Mawar mengemban posisi sebagai Direktur Teknik PDAM Kutim pada 2008, merangkap Pj Dirut pada 2011. Kemudian Juni 2011 hingga September 2018 mengemban amanah sebagai Direktur Utama PDAM Kutim.

Mengenang masa-masa bertugas di PDAM, Mawar menyebut pelatihan karyawan sangat penting, sehingga pegawai menjadi lebih paham tentang pekerjaannya dan mampu bekerja mandiri.

Pengelolaan SDM juga berhubungan dengan upaya pengelolaan penyertaan modal daerah secara optimal, amanah, dan seefisien mungkin.

Mawar mengadakan Sosialisasi Empat Pilar di PDAM Kutim karena menurutnya pegawai BUMD pun harus memahami politik, terutama pilar-pilar kebangsaan Indonesia.

 

 

Berkaca dari pengalamannya, Mawar menyadari bahwa tidak mudah untuk membentuk karakter dan meningkatkan kualitas SDM untuk menghasilkan kinerja yang baik.

Meskipun demikian, ia mengingatkan kepada seluruh pegawai PDAM yang hadir bahwa kualitas diri dan integritas sangat penting dan harus selalu ditingkatkan.

 

 

Saat ini PDAM Tirta Tuah Benua telah memiliki cabang di seluruh kecamatan di Kutai Timur. Di manapun karyawan ditempatkan, mereka harus tetap memberikan kinerja terbaik dan harus tetap meningkatkan kualitas diri.

“Karena PDAM bergerak dalam bidang pelayanan, maka pegawai yang berkualitas adalah kunci untuk meningkatkan layanan tersebut,” ujar Mawar. (*)