Senator Aji Mawar Dukung Penuh Kegiatan Positif yang Dikembangkan Pelaku UMKM

SAMARINDA – Senator asal Kalimantan Timur, Aji Mirni Mawarni, S.T., M.M, mengadakan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Republik Indonesia di kediamannya bersama para pelaku UMKM; yang juga merupakan kelompok majelis ta’lim RT 38 Kelurahan Dadi Mulya, Kota Samarinda.

Ini merupakan kesekian kalinya Senator Aji Mawar mengadakan Sosialisasi Empat Pilar bersama para pelaku UMKM.

Mawar menilai, kegiatan para pelaku UMKM tersebut berkaitan dengan pengembangan ekonomi yang saat ini terus berkembang dan menjadi salah satu penopang perekonomian Provinsi Kalimantan Timur.

Sesuai amanah UUD 1945 pasal 33 ayat 4, UMKM merupakan bagian dari perekonomian nasional yang berwawasan kemandirian dan memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pelaku UMKM memiliki peran yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi negara.

 

Perkembangan UMKM di Indonesia, khususnya di Provinsi Kalimantan Timur terus meningkat dari segi kualitas dan kuantitas. Hal ini dikarenakan adanya dukungan kuat dari pemerintah dalam pengembangan aktivitas UMKM.

Revolusi digital membuat banyak perubahan di sektor ekonomi, dimana terjadi pergeseran pola belanja konsumen dari offline ke online.

Kondisi ini membuat para pelaku UMKM atau bagi calon pelaku UMKM harus memiliki wawasan yang cukup, terlebih lagi dengan ditetapkannya Provinsi Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara (IKN).

Penetapan tersebut menimbulkan tantangan besar bagi masyarakat Kalimantan Timur agar terus meningkatkan kualitas diri; tidak hanya dalam segi peningkatan ekonomi tapi juga diseluruh aspek.

 

Pelaku UMKM juga menghadapi sejumlah tantangan. Yakni harus beradaptasi dengan inovasi dan teknologi. Mereka juga menghadapi permasalahan produktivitas, legalitas atau perizinan, pembiayaan, branding dan pemasaran, SDM, standarisasi dan sertifikasi, hingga pemerataan pembinaan dan pelatihan bagi seluruh pelaku UMKM.

Dalam setiap kunjungannya ke dapil, hal-hal tersebut selalu menjadi topik utama yang disampaikan oleh masyarakat.

 

 

Dalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar tersebut, Senator Mawar juga memberikan dukungan dan bantuan langsung berupa baju majelis ta’lim untuk mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan para kelompok UMKM di RT 38 Kelurahan Dadi Mulya.

Hal ini dilakukan sebagai salah satu wujud apresiasi bagi para pelaku UMKM tersebut. Karena disela-sela aktivitas berjualan, para pelaku UMKM yang mayoritas ibu-ibu tetap dapat melakukan kegiatan-kegiatan positif seperti pengajian yang dilakukan seminggu sekali. Hal ini harus didukung penuh. (*)