Pendidikan Kunci Masa Depan Papua, Jangan Sampai Anak-anak Putus Sekolah

DPD RI – Senator Papua Barat Dr. Filep Wamafma mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengutamakan pendidikan anak asli Papua agar tidak sampai putus sekolah. Menurutnya, pendidikan adalah kunci melahirkan generasi emas Papua untuk menentukan keberhasilan masa depan tanah Papua.
 
“Generasi emas Papua saat ini harus menjadi pohon yang tegak dan kokoh, mereka dipersiapkan sekaligus sebagai penentu nasib Papua di masa yang akan datang. Sebab ketika anak Papua tidak sekolah, maka bagaimana dengan masa depan Papua?” ujar Filep Wamafma saat menghadiri undangan ibadah syukur keluarga besar Mansawan, Makbon dan Manufandu, Senin (2/1/2023) malam.
 
Sebagai akademisi di STIH Manokwari, Filep selalu menekankan kepada mahasiswa, masyarakat hingga kepada pemerintah daerah dalam setiap agenda kerjanya tentang pentingnya pendidikan bagi orang asli Papua.
 
Ia menegaskan, tanah Papua harus maju dalam genggaman tangan putra-putri Papua. Menurutnya, generasi Papua lah yang akan menjadi pemimpin di atas tanahnya sendiri, membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat Papua.
 
 
 
 
Oleh sebab itu, sebagai pimpinan DPD RI, Filep selalu memberikan motivasi kepada anak-anak asli Papua di semua jenjang pendidikan, termasuk mahasiswa Papua yang sedang studi di luar daerah untuk serius menyelesaikan pendidikannya dan kembali untuk membangun kampung halamannya.
 
“Kepada orangtua, makan kah, tidak kah, kita semua ingat bahwa kita harus mengutamakan sekolah anak-anak kita, pendidikan adalah kunci mengubah masa depan lebih baik lagi,” pesan Filep.
 
Selain itu, menurutnya, mahasiswa asli Papua juga harus lebih diperhatikan terutama dengan adanya alokasi yang bersumber dari dana Otsus. Tak hanya itu, lanjut Filep, salah satu peruntukan dana Otsus memang disiapkan bagi anak asli Papua untuk dapat bersekolah gratis dan mendukung layanan pendidikan di tanah Papua. (*)