Ketua DPD RI Ingatkan Pemda Perkuat Mitigasi Bencana Sebelum Musim Hujan Tiba

DPD RI – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mengingatkan pemerintah daerah untuk memperkuat dan mempersiapkan mitigasi bencana sebelum datangnya musim hujan. 

Menurut LaNyalla, ada beberapa daerah di Indonesia yang memang menjadi langganan banjir setiap kali datang musim hujan. 
 
“Penyelesaian yang selama ini dilakukan masih berkisar penanganan kebencanaan, namun belum dicari akar masalah atau mitigasi kebencanaan, sehingga potensi bencana dapat ditekan atau mampu dihentikan sama sekali,” ujar LaNyalla saat reses di Jawa Timur, Rabu (3/8/2022).

Senator asal Jawa Timur itu menilai, dampak yang timbul adalah anggaran daerah selalu harus disediakan untuk penanganan bencana. Kendati begitu, hal itu tak menyelesaikan persoalan, sebab bencana akan datang lagi saat musim hujan. 

 

 

Hal ini seperti dirasakan Pemda Pamekasan, Jawa Timur yang selalu menjadi langganan banjir setiap musim hujan. Aliran pendanaan harus dikucurkan untuk mencegah timbulnya korban yang lebih besar.

“Maka, saya mendorong agar segera dilakukan mitigasi kebencanaan, memperbaiki tata ruang perkotaan serta langkah-langkah mitigasi lainnya untuk menghalau datangnya banjir atau setidaknya menekan luas daerah kebencanaan dan mempermudah evakuasi korban,” saran LaNyalla.

LaNyalla menilai hal tersebut harus cepat dilakukan, mengingat saat ini belum datang musim hujan. Dengan begitu, pemerintah daerah memiliki kesempatan untuk menghadapi datangnya bencana yang seringkali tiba tanpa kompromi.

“Pemerintah pusat dan daerah harus bersinergi menyiapkan peta kebencanaan yang dapat dijadikan rujukan. Indonesia ini wilayah yang rentan kebencanaan. Jadi, kita harus melihat bencana secara komprehensif agar dapat dicegah sedini mungkin,” ujar LaNyalla.(**)