CATATAN AJI MAWAR – Wafatnya Pemimpin Shalih yang Dicintai Warganya

 
 
SELASA (22/9/2020) sore, sebuah pesan singkat yang mengejutkan saya terima. Berau telah kehilangan figur pemimpin yang begitu dicintai warganya. Ustadz Muharram tutup usia, di RS Pertamina Balikpapan pukul 16.45 Wita.
 
Saya seketika teringat momen interaksi singkat dengan beliau beberapa pekan yang lalu. Kesan kuat yang saya rasakan, beliau adalah pemimpin yang bersahaja dan sangat peduli kepada warganya.
 
Di Pulau Maratua, kepada saya dan rekan-rekan Kementerian Kelauan dan Perikanan (KKP), beliau mengemukakan harapan untuk terus meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan. Beliau pun mengutarakan keinginan besar agar Maratua bisa menjadi 10 besar tempat wisata nasional terbaik.
Setelah beliau wafat, beragam testimoni warga masuk di ponsel saya.
 
 
 
 
“Selama Ramadhan work from home awal pandemi, beliau yang super sibuk bisa khatam Al Qur’an sampai 5 kali. Ya Allah, rasa nyess dihati melihat pemimpin seperti beliau”.
 
“Sedih rasanya mendengar kabar Ustadz Muharram wafat. Semoga beliau husnul khatimah. Aktivitas da’wah beliau juga tetap berjalan di tengah padatnya tugas-tugas pemerintahan”.
 
“Beliau pemimpin yang low profile. Sebagai kepala daerah, beliau tidak sulit untuk ditemui masyarakat dan wartawan. Masih banyak kebaikan almarhum Ustadz Muharram yang tidak bisa dipaparkan satu persatu. Semoga beliau husnul khotimah”.
 
“Kami kagum dengan kepemimpinan beliau. Beliau adalah sosok yang jujur dan amanah, dan kuat diterpa ujian. Ingat banget penghargaan terakhir Natamukti yang beliau dapat dari Menteri Koperasi dan UMK karena dedikasinya yang benar-benar kuat untuk memajukan UMKM di Berau”.
 
“Selama beliau memimpin, laporan keuangan Pemkab Berau tahun 2017, 2018, dan 2019 dapat WTP dari BPK”.
 
“Ada kampung di daerah pesisir dekat dengan kampung suami saya. Jauh sebelum beliau mencalonkan diri jadi bupati, beliau membantu masyarakat setempat berupa bibit sawit. Beliau terus membina sampai perawatan dan pemasarannya”.
 
Begitu banyak, luas, dan mendalam jejak kebaikan Ustadz Muharram. Semoga beliau husnul khatimah.
 
Semoga segala kontribusi dan tauladan beliau menjadi amal shalih utama, dan selalu menginspirasi generasi penerus dalam membangun daerah. (*)