Banjir Melanda Beberapa Daerah, DPD: Semua Pihak Harus Saling Menguatkan Recovery Pasca Banjir

DPD RI – Banjir yang menerjang sejumlah wilayah di Provinsi Banten pada 1 Januari 2020, cukup membuat hati para senator Banten terenyuh.

Bagaimana tidak, banjir di awal tahun itu telah menerjang 43 kecamatan dan 167 desa di 5 kabupaten/ kota.

Sebut saja mulai dari Kabupaten Lebak, Kabupaten Serang, hingga Tangerang Raya (Kota Tangerang, Kab. Tangerang dan Kota Tangerang Selatan).

Senator DPD RI, Abdi Sumaithi, langsung merespon dan mengambil sikap bersama timnya, dengan mendirikan posko darurat dan memberikan bantuan kepada korban terdampak di sejumlah kabupaten/ kota.

Sejumlah bahan makanan dan kebutuhan harian bagi warga korban dan pengungsian didistribusikan secara langsung oleh senator senior yang dikenal dekat dengan masyarakat itu.
 
Abdi ketika mengunjungi Desa Sukarame, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak mengatakan proses penanggulangan bencana ini membutuhkan kerja sama yang baik dengan berbagai pihak.

Lantaran, banjir kali ini yang paling besar sepanjang satu dekade terakhir, sehingga sangat banyak memakan korban jiwa.

 

 

“Dan proses bantuan yang harus segera di tangani adalah pasca masa tanggap darurat, yaitu akan banyak sekali tatanan kehidupan yang akan dibangun kembali. Semoga masyarakat yang ditimpa musibah ini diberikan ketabahan dalam menghadapi ujian ini,” harapnya.

Berdasarkan pantauannya terdapat 2 jembatan utama yang rusak, yakni jembatan Cinyiru di Kecamatan Lebak Gedong dan jembatan utama di Kecamatan Sajira yang perlu segera di rehabilitasi karena jembatan tersebut menghubungkan Kecamatan Sajira, Muncang dan Leuwidamar.

Respon yang cepat itu juga datang dari senator Muda, Tb.Ali Ridho yang bersama dengan timnya mengalokasikan sejumlah bantuan berupa bahan makanan cepat saji dan pakaian di Kelurahan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang.

Senator yang dikenal dekat dengan kalangan santri ini mengaku sangat prihatin perihal peristiwa tersebut.

“Saya berharap semua pihak dapat bahu membahu untuk melakukan recovery pasca banjir,” tuturnya.

Andiara Aprilia Hikmat, senator yang juga adik wakil gubernur Banten, ketika melakukan kunjungan ke lokasi banjir di Tangerang Selatan, tampak sedih dan sangat prihatin melihat banyaknya warga yang rumahnya rusak dan kesulitan mendapatkan makanan dan air bersih.

Senator peraih suara terbesar ini mengharapakan agar Pemerintah Daerah (Pemda) dapat segera mengatasi persoalan infrastruktur dasar yang rusak pasca banjir sehingga dapat dituntaskan dalam tahun anggaran 2020 ini.

“Semoga Pemda punya solusi yang cepat, agar jalan, jembatan, sekolah, dan puskesmas yang terdampak dapat diperbaiki, terlebih rumah rumah warga,” imbuhnya ketika menyambangi dan memberikan bantuan berupa sembako untuk korban banjir di perumahan Ciledug Indah, Kota Tangerang. (*)