Aji Mawar: SDM Daerah Berkualitas, Harus Ditunjang Pemerataan Infrastruktur agar Terus Berkembang

JAKARTA, DPD RI – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dapil Kalimantan Timur (Kaltim), Aji Mirni Mawarni, S.T, M.M menghadiri Rapat Panitia Perencana Undang-Undang (PPUU) DPD RI dengan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (PANRB) di Gedung DPD RI, Jakarta pada Kamis, 23 Maret 2022.

Rapat tersebut dihadiri oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo.

Aji Mawar menyebut potensi SDM di daerah sangat baik dan memiliki semangat yang sangat tinggi.

“Saya meyakini Pak Menteri, bahwa SDM di Indonesia walaupun berada di pelosok, pasti mereka punya semangat untuk meningkatkan diri,” tutur Aji Mawar.

Aji Mawar menceritakan pengalamannya ketika menjadi Dirut PDAM di Kutai Timur, Kaltim, 10 tahun yang lalu.

 

 

Ketika itu, ia menggunakan sistem digital pada manajemen air minum. Mereka berhasil menerapkan sistem tersebut karena mereka sangat bersemangat, meskipun pada saat itu jaringan internet belum stabil seperti sekarang.

Berbekal dari pengalamannya tersebut, Aji Mawar menanyakan pendapat Tjahjo terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) Digital. Aji Mawar sangat optimis mengenai kemampuan SDM di daerah.

Ia menyebut ketidakmerataan infrastruktur menjadi penyebab SDM pelosok – yang mumpuni secara kemampuan – tidak bisa berkembang dengan baik.

Aji Mawar mewakili seluruh pelosok di Indonesia berharap agar pemerintah menyiapkan infrastruktur yang memadai, jika RUU Digital disahkan nanti.

“Kita berharap dengan adanya RUU Digital ini juga mendorong infrastruktur yang lain, Pak. Karena kita mau menggunakan digital dengan 24 jam, tetapi beberapa pelosok di daerah kita saja masih banyak yang listriknya belum 24 jam, Pak Menteri,” ujar Aji Mawar. (*)